WEBSITE RESMI CIPSAKTI
Server Pulsa Murah Elektronik Untuk Semua Operator
Tersedia PPOB | Payment Point Online Bank | Aman Murah Handal
Loket Pembayaran Online Tagihan TELKOM, PDAM, PLN, WOM, ADIRA, MAF, BAF, TOPTV, INDOVISION, DLL
Loket Pembelian Online Tiket Pesawat
Suport Transaksi UMB DIAL Gratis Dari Biaya SMS

Telkomsel, Indosat, XL Axiata Bersatu Iklan Mobile

Telkomsel, Indosat, XL Axiata Bersatu Iklan Mobile (JAKARTA, KOMPAS.com) - Tiga operator seluler besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, bersatu untuk memajukan bisnis periklanan di perangkat mobile, Kamis (2/5/2013). Ketiganya menyediakan layanan Mobile Ad Platform yang siap dikirim ke pelanggan masing-masing.
Dalam kerjasama ini, ketiga operator seluler menyediakan layanan pengiriman iklan melalui SMS dan MMS. Selain itu, mereka juga menyediakan iklan dalam bentuk digital display banner. Semua iklan itu bisa dikirim berdasarkan basis lokasi, landing halaman situs web, sampai profil pengguna.
Senior GM m-Finance Technology, Content & New Business XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, operator seluler punya kekuatan dalam menghadirkan iklan di perangkat mobile. "Mobile jauh lebih powerful dan tepat sasaran karena iklan yang ditampilkan bisa berdasarkan profil pengguna atau location base," ujarnya.

Untuk profil pengguna, bisa dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, paket data yang digunakan, pengeluaran untuk biaya telekomunikasi, jenis ponsel yang digunakan, operator seluler yang diapakai, serta lokasi.
Namun, pada kenyataannya, perangkat mobile masih dianggap sebagai third screen dalam bisnis periklanan yang ditampilkan di perangkat berlayar, setelah televisi sebagai first screen dan komputer pribadi sebagai second screen.
Berdasarkan data Nielsen Indonesia, belanja iklan media di Indonesia mencapai lebih dari Rp 87 triliun pada 2012, atau tumbuh 20 persen dibandingkan 2011. Media televisi masih mendominasi pangsa pasar iklan dengan raihan 64 persen dari total belanja iklan, diikuti surat kabar (33 persen) dan majalah-tabloid (3 persen).
Menurut Head of Digital Advertising Group Telkomsel Adrian Suherman, pangsa pasar iklan digital tidak lebih dari 1 persen. Ia memandang potensi iklan digital, apalagi di mobile, masih sangat menjanjikan di masa depan melihat penetrasi ponsel pintar dan tablet yang terus tumbuh.
"Saya pribadi berharap pangsa pasar iklan digital bisa naik antara 5 sampai 10 persen di tahun 2015," kata Adrian.
Telkomsel, Indosat dan XL Axiata akan menjalankan bisnis serta mempromosikan produk secara bersama-sama. "Kalau pasar tahu manfaat yang mereka dapat, ini akan jadi snow ball effect," tutup Adrian.